Analisis Gaya Bahasa dalam Kumpulan Puisi Aku Adalah Rumah Karya Veer Lado
DOI:
https://doi.org/10.37824/nhw3ze60Keywords:
Analisis, Gaya Bahasa, Kumpulan PuisiAbstract
Penelitian ini menelaah pemanfaatan gaya bahasa dalam kumpulan puisi Aku Adalah Rumah karya Veer Lado sebagai upaya memahami bagaimana teknik stilistika membentuk makna dan daya afektif teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk serta mendeskripsikan fungsi dan makna gaya bahasa metafora, personifikasi, retoris (yang meliputi aliterasi, asonansi, erotesis, hiperbola) dan repetisi (yang meliputi anafora, epizeuksis, tautotes) dalam kumpulan puisi tersebut. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan pendekatan stilistika. Sumber data penelitian ini adalah 35 puisi bertema cinta dan kerinduan yang dipilih dari total 65 puisi dalam kumpulan puisi tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan dokumentasi dengan teknik membaca, identifikasi dan kutipan, serta pencatatan. Analisis data meliputi tahapan identifikasi, klasifikasi, analisis, deskripsi hasil, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahawa ditemukan total 389 kutipan data gaya bahasa yang teridentifikasi, diantaranya gaya retoris dominan (239 kutipan: asonansi 103, aliterasi 77, hiperbola 41, erotesis 18), metafora 95 kutipan, personifikasi 49 kutipan, dan repetisi 6 kutipan (hanya anafora; epizeuksis dan tautotes tidak ditemukan). Secara fungsi, gaya bahasa berperan memperjelas konsep abstrak, memperindah pesan, meningkatkan daya tarik emosional, dan menguatkan ekspresi perasaan dan secara makna, gaya bahasa tersebut membentuk lapisan konotatif yang merepresentasikan kerinduan, kesedihan, harapan, dan keteguhan hati.
Downloads
References
[1] V. Lado, Aku Adalah Rumah: Kumpulan Puisi. 2022. [Online]. Available: pustakalima.com
[2] “Jejak-Jejak Cinta di Buku ‘Aku Adalah Rumah’ Karya Veer Lado,” Tafenpah.com, Apr. 30, 2022. [Online]. Available: tafenpah.com
[3] G. Keraf, Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta, Indonesia: Gramedia, 2009.
[4] R. D. Pradopo, Pengkajian Puisi. Yogyakarta, Indonesia: Gadjah Mada Univ. Press, 1993.
[5] N. K. Ratna, Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka Pelajar, 2009.
[6] H. J. Waluyo, Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta, Indonesia: Erlangga, 1991.
[7] Burhan Nurgiyantoro, Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta, Indonesia: Gadjah Mada Univ. Press, 2018.
[8] Pragglejaz Group, “MIP: A method for identifying metaphorically used words in discourse,” Metaphor and Symbol, vol. 22, no. 1, pp. 1–39, 2007, doi: 10.1080/10926480709336752. Open University+1
[9] G. Lakoff and M. Johnson, Metaphors We Live By. Chicago, IL, USA: Univ. of Chicago Press, 1980. [Online]. Available: University of Chicago Press
[10] S. Glucksberg, “The psycholinguistics of metaphor,” Trends in Cognitive Sciences, vol. 7, no. 2, pp. 92–96, 2003, doi: 10.1016/S1364-6613(02)00040-2. ScienceDirect
[11] G. J. Steen, “From three dimensions to five steps: The value of deliberate metaphor,” metaphorik.de, no. 21, pp. 83–110, 2011. [Online]. Available: metaphorik.de+1
[12] G. J. Steen, “Thinking by metaphor, fast and slow: Deliberate Metaphor Theory offers a new model for metaphor and its comprehension,” Frontiers in Psychology, vol. 14, 1242888, 2023, doi: 10.3389/fpsyg.2023.1242888. Frontiers+1
[13] G. J. Steen, A. G. Dorst, J. B. Herrmann, A. A. Kaal, T. Krennmayr, and T. Pasma, A Method for Linguistic Metaphor Identification: From MIP to MIPVU. Amsterdam, Netherlands: John Benjamins, 2010, doi: 10.1075/celcr.14. De Gruyter Brill+1
[14] A. N. A. I. Widyaningsih and Markhamah, “Language style in a collection of poetry ‘Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang’ and its relevance as teaching materials,” in Proc. ICOLAE 2022, Atlantis Press, 2023, pp. 178–194, doi: 10.2991/978-2-38476-086-2_17. Atlantis Press
[15] Alfia Shany and R. D. Astuti, “Analisis gaya bahasa puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono: Kajian stilistika,” BIDUK: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 1, no. 2, pp. 55–62, Jan. 2024, doi: 10.30599/biduk.v1i2.654. jsr.unuha.ac.id
[16] D. L. Br. Manurung and D. Desneli, “Gaya bahasa pada Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono,” KOPULA: Jurnal Penelitian Kualitatif, vol. 6, no. 2, pp. 164–174, 2023, doi: 10.29303/kopula.v6i2.5445. journal.unram.ac.id
[17] M. I. Leuwayan, H. R. E. Retnaningtyas, and S. Monika, “Analisis penggunaan majas pada puisi ‘Sajak Cinta’ karya KH. Mustofa Bisri,” Translation and Linguistics (Transling), vol. 2, no. 1, pp. 20–30, 2022, doi: 10.20961/transling.v2i1.53001. Jurnal Universitas Sebelas Maret
[18] N. R. Marsela, S. Sumiharti, and U. Wahyuni, “Analisis citraan dalam antologi puisi Rumah Cinta karya penyair Jambi,” Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 2, no. 2, pp. 57–66, 2018, doi: 10.33087/aksara.v2i2.73. Atlantis Press
[19] A. Wahyudi, B. Wicaksono, and D. A. Cahyani, “Gaya bahasa figuratif dalam kumpulan puisi Jalan Lain ke Majapahit karya Dadang Ari Murtono,” Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 13, no. 2, pp. 171–187, 2025, doi: 10.32682/jckdhh40. sastranesia.upjb.ac.id
[20] C. Puspitasari, “Antologi puisi Aku Adalah Rumah (Veer Lado): Toko buku dan ulasan,” Pustakalima, 2022. [Online]. Available: PoetrySoup.com
[21] Al-ma'ruf, & Farida. (2017). pengkajian sastra teori dan aplikasi . surakarta: CV djiwa amarta prees.
[22] Firdaus, H. (2008). Realisme yang Lugu, Cinta, dan Lain-lain. Haris Firdaus Personal Blog. https://harisfirdaus.id/2008/06/realisme-yang-lugu-cinta dan-lain-lain
[23] Iqbal, N. (2023). Bentuk dan Fungsi Gaya Bahasa Retoris dan Kiasan dalam Kumpulan Puisi “Disforia Inersia” Karya Wira Nagara: Kajian Stilistika. SKRIPSI: UNIVERSITAS MATARAM.
[24] Lado, V. (2022). Kumpulan Puisi Aku Adalah Rumah. Sidoarjo: DELIMA.
[25] Pardede, P. (2012). Pengantar Puisi: Definisi dan Jenis. jakarta timur: universitas kristen indonesia.
[26] Rachmadani , F. D. (2017). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa pada Puisi “Karya Siswa SMA di Yogyakarta. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
[27] Ratna, N. K. (2007). teori, metode, dan teknik pengkajian sastra. yogyakarta: pustaka pelajar.

