Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Co-Op Co-Op Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Cerita Pendek Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 6 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Mahrup Mahrup SDN 6 Cakra Negara

DOI:

https://doi.org/10.1234/pendidikan.v1i3.135

Keywords:

cooverative learning, tipe, co-op

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa kelas V SD Negeri 6 Cakranegara dalam memahami cerita pendek pada pelajaran bahasa Indonesia. Deskipsi hasil belajar siswa dalam memahami cerita pendek dengan penerapan Model Cooperative Learning tipe co-op co-op. Sebagai subjek penelitian perbaikan pembelajaran pada penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 6 Cakranegara kelurahan selagalas Kecamatan Sandubaya kota Mataram dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 15 orang perempuan dan 15 orang siswa laki-laki. Tempat penelitian perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan di SD Negeri 6 Cakranegara kelurahan Selagalas Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Penelitian ini dilaksanakan selama dua minggu. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan prosedur Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari siklus I dan Siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang diuraikan sebagai berikut: melalui proses belajar yang telah dilaksanakan dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas siklus I adalah 74.16 dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 81,5, sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 63.33% dan meningkat pada siklus II yaitu 90.0% terjadi peningkatan sebesar 26.67%. merujuk pada hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahami cerita pendek siswa kelas V SD Negeri 6 Cakranegara pada mata pelajaran bahasa Indonesia telah mencapai hasil yang tinggi atau dikategorikan tuntas sehingga perbaikan pembelajaran diakhiri sampai siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Co-Op Co-Op Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Cerita Pendek Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 6 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. (2025). Tirai Edukasi : Jurnal Pendidikan, 2(2), 41-45. https://doi.org/10.1234/pendidikan.v1i3.135

Similar Articles

1-10 of 53

You may also start an advanced similarity search for this article.